11.4.13

Tau Nggak Sih?


TAHU NGGAK SIH..?
  • Universitas Al-Qawariyyin (Maroko) adalah Universitas pertama yang ada di dunia yang didirikan pada tahun 859M disusul Universitas Al-Azhar (Mesir) pada tahun 975M.
  • Ibnu Firnas (810-887M) telah melakukan uji coba terbang 1000 tahun sebelum Wright Bersaudara.
  • Muhammad bin Musa al-Khawarizmi (780-850M) adalah "penemu" angka nol (0) atau bisa dikatakan orang pertama yang mengangkat/melibatkan angka nol (0) ke dalam ranah Ilmu Pengetahuan (Matematika). ...bayangkan dunia tanpa NOL apalagi dunia Digital yang hanya mengenal status logika 0 dan 1.
  • Rumus-rumus Al-Jabar dan Algoritma yang juga ditemukan oleh Al Khawarizmi banyak mengilhami para ilmuwan setelahnya.
  • Abu Musa Jabir bin Hayyan (Geber) (722-804) adalah Bapak Kimia Modern. Bapak Kimia Arab ini dikenal karena karya-karyanya yang sangat berpengaruh pada ilmu kimia dan metalurgi. 
  • Abu al-Qasim al-Zahrawi (Abulcasis) (936–1013M) adalah pelopor bedah syaraf (pioneer of neurosurgery).
  • Al-Biruni (973-1048) telah berhasil membuktikan bahwa bumi berputar pada porosnya setiap hari dan mengelilingi matahari setahun sekali. Selain itu al-Buruni mampu menghitung keliling Bumi dan kemiringannya 600 tahun sebelum Galileo. Penemuan lain memberikan penjelasan ilmiah untuk perubahan pasang surut, ekuinoks, musim, mengapa langit berwarna biru dan mengapa pelangi terjadi.
  • Ibnu Sina (Avicenna) (980-1037M) adalah Bapak Kedokteran Modern.
  • Al-Jazari (1136–1206) adalah Bapak Robotik.
  • Camera (qamara: ruang khusus yang gelap) Obscura ditemukan oleh Abu Ali Muhammad al-Hassan ibnu al-Haytham (Alhazen) (965-1040M). Ibnu al-Haytham mendapat gelar Bapak Optikal (father of optics) sekaligus sebagai pelopor metode ilmiah dan fisika eksperimental, yang dianggap sebagai "ilmuwan pertama".
  • Zayn al-Din 'Ali bin Ahmad al-Amidi (-1312) adalah seorang sarjana Arab yang buta, terkenal karena telah menciptakan sistem pembacaan untuk dirinya yang buta 600 tahun sebelum Braille
  • Piri Reis (Hajji Ahmed Muhiddin Piri, 1467-1553M) seorang ahli pemetaan (cartographer) yang telah memetakan sebagian dari bumi ini yang terkenal dengan Piri Reis Map. Dia adalah seorang Admiral dan Penjelajah Lautan (yang bukan untuk menjajah!)
  • Penduduk asli Amerika (Indian) sudah banyak yang memeluk Islam sebelum kedatangan Colombus (orang pertama yang menemukan benua Amerika, menurut "sejarah" versi "?").
  • Kincir Angin (windmill) berasal dari Persia. Pada abad ke-7 orang persia memamfa'atkan tenaga angin untuk menggerakkan pompa untuk penyiraman tanaman.
  • Permainan Catur dibawa oleh muslim ke Spanyol pada abad ke-8 dan menyebar ke Eropa Barat. 
  • Operasi Katarak pertama kali dilakukan di Iraq pada awal abad ke-10.
  • Notasi musik do-re-mi-fa-so-la-si berasal dari suku kata bahasa Arab dal-ra-mim-fa-sad-lam-sin.
  • Alat-alat musik orkestra banyak berasal dari Timur Tengah.
  • Syariat untuk thaharah (bersuci) dan memakai wewangian sebelum melaksanakan shalat mengilhami pembuatan sabun dan minyak wangi.
  • Bersiwak, menggosok gigi dengan kayu siwak adalah sejarah awal menggosok gigi untuk kebersihan dan kesehatan.
  • .....
  • Must Read: 15 Ilmuwan & Penemu Muslim Terbesar dalam Sejarah | Discover Muslim Heritage | Pusaka Peradaban Islam | How Islamic Inventors Changed the World
Muslim scientists have played a significant role in the history of science. There have been hundreds of notable Muslim scientists who have made contributions to civilization and to society by furthering the development of science in the High Middle Ages.

---oOo---


►Our Turn (Islam) was Inspired by Qur'an
Q10.101. Katakanlah: "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman."

Q55.33. Hai jama'ah Jin dan Manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan!

Dan banyak ayat-ayat lain dalam Al Quran yang menyuruh manusia untuk menggunakan akal & fikiran dan ditegaskan dengan pengulangan kalimat-kalimat:

Afalaa tadzakkaruun..?!
Apakah kamu tidak mengambil pelajaran?!
Afalaa ta'qiluun..?!
Apakah kamu tidak memikirkannya?!
Afalaa tatafakkaruun..?!
Apakah kamu tidak mentafakurinya?!

Their Turn is Inspired by Islam and "?"◄ 

Iblis (Syetan) is ON
Q43.36-37. Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. Dan sesungguhnya syaitan-syaitan itu benar-benar menghalangi mereka dari jalan yang benar dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk.

Orientasi dan Tujuan Hidup Mereka (Orang-orang Kafir) Hanyalah "Dunia"
Q87.16-17. Tetapi kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi...

Dan perhatikan suatu ketetapan Allah (sunnatullah) berikut...
Q11.15-16. Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia & perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna & mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka & lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia & sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.

Zhan (Dugaan)
Q45.24. Dan mereka berkata: "Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang akan membinasakan kita selain masa", dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja.

Now!
...syetan-syetan (dari jenis jin & manusia) telah memalingkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) hanya untuk kepentingan "dunia" dan bahkan sebagian mereka telah menjadikannya thaghut (sesembahan selain Allah ta'ala) serta menuhankan akal, logika dst!



Bangsa-bangsa yang telah musnah & binasa!
Karena Allah ta'ala adalah Sang Pencipta & Pemilik kehidupan ini
Sesungguhnya Allah akan meninggikan (derajat) suatu kaum dengan Al-Qur'an ini, dan dengannya pula Dia akan merendahkan (derajat) kaum yang lain. (HR Muslim)

"Hampir tiba suatu masa dimana bangsa-bangsa dari seluruh dunia akan datang mengerumuni kamu bagaikan orang-orang kelaparan mengerumuni hidangan mereka." Maka salah seorang sahabat bertanya, "Apakah karena jumlah kami yang sedikit pada masa itu?" Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menjawab, "Bahkan, pada masa itu jumlah kamu banyak sekali, tetapi kamu umpama buih (sampah) di lautan, dan Allah akan mencabut 'rasa gentar' terhadap kamu dari hati musuh-musuh kamu, dan Allah akan melemparkan ke dalam hati kamu penyakit al-wahnu." Seorang sahabat bertanya, "Apakah itu al-wahnu itu, ya Rasulullah?" Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menjawab, "Cinta dunia dan takut mati"." (HR Abu Dawud & Ahmad)
The Turns (Akhir Zaman)
Masa kenabian akan berlangsung pada kalian dalam beberapa masa hingga waktu yang ditentukan Allah, lalu Allah mengangkatnya, setelah itu datang masa kekhalifahan mengikuti manhaj kenabian, selama beberapa masa hingga waktu yang ditentukan Allah, lalu Allah mengangkatnya, setelah itu datang masa raja-raja yang menggigit selama beberapa masa hingga waktu yang ditentukan Allah, lalu Allah mengangkatnya, setelah itu datang masa raja-raja yang memaksakan kehendak dalam beberapa masa hingga waktu yang ditentukan Allah, setelah itu akan terulang kembali kekhalifahan mengikuti manhaj kenabian. Kemudian beliau terdiam... (HR Ahmad)

►Baca Juga:

1 komentar: