3.11.11

Menjenguk Orang Sakit = Imune

Vera Farah Bararah – detikHealth

Vancouver, Saat melihat orang yang sedang sakit, pasti yang ada dipikiran adalah membantu merawatnya. Tapi studi terbaru menunjukkan, seseorang yang melihat orang lain sakit akan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Studi ini dilakukan oleh tim peneliti dari Kanada. Dalam penelitiannya partisipan dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama adalah kelompok netral yang diperlihatkan berbagai gambar seperti furnitur dan yang lainnya.

Sedangkan kelompok kedua diperlihatkan beberapa orang yang sedang terkena cacar, bersin-bersin, flu dan tanda-tanda penyakit lainnya.

Para partisipan ini diambil sampel darahnya sebelum dan sesudah melihat berbagai gambar tersebut. Lalu para peneliti menambahkan bakteri tertentu ke dalam sampel darah yang diambil dari partisipan untuk menguji respons imunitasnya.

Ternyata didapatkan partisipan yang diperlihatkan berbagai gambar mengenai orang sakit memiliki respons sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan lebih baik dibandingkan dengan orang yang melihat gambar furnitur atau gambar laki-laki yang sedang memegang senjata ke arah partisipan.

Peneliti dari University of British Columbia menuturkan adanya respons sistem kekebalan tubuh yang kuat pada partisipan yang melihat gambar orang sakit kemungkinan akibat faktor adaptasi evolusi dari diri partisipan terhadap lingkungannya. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science.

“Hasil ini kemungkinan bagus untuk sistem kekebalan tubuh dalam merespons secara agresif, terutama di saat-saat tertentu seperti bersentuhan dengan sesuatu yang bisa membuat seseorang menjadi sakit,” ujar penulis studi Markus Schaller, seperti dikutip dari Health24, Selasa (4/5/2010).

Sistem kekebalan tubuh manusia terdiri dari sel-sel khusus, protein, jaringan dan organ. Sistem ini berfungsi melindungi dan menyerang kuman atau organisme yang bisa menyebabkan penyakit setiap harinya. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang meningkat, maka sistem ini dapat melindungi atau mencegah terjadinya penyakit dan infeksi.

Sel-sel yang terlibat dalam sistem kekebalan tubuh ini adalah sel darah putih (leukosit) yang memiliki tugas mencari serta menghancurkan organisme atau zat penyebab suatu penyakit.


Catatan saya:
  • "Berilah makan oleh kalian orang yang lapar, jenguklah orang sakit, dan bebaskan tawanan (muslim)." (HR Bukhari)
  • Dituturkan oleh al-Bara' bin Azib Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam memerintahkan kepada kami dengan tujuh perkara dan melarang kami dari tujuh perkara: Beliau memerintahkan kami agar menjenguk orang sakit..." (Muttafaq 'alaih)
  • "Siapa yang menjenguk orang sakit, ia berada dalam kebun surga sehingga dia kembali."  (HR Muslim dan Ahmad, dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Jami' no. 6389)
  • "Sesungguhnya seorang muslim bila menjenguk saudaranya sesama muslim maka ia terus menerus berada di khurfatil jannah hingga ia pulang (kembali)." (HR Muslim no. 6498), dalam lafadz lain (no. 6499): "Siapa yang menjenguk seorang yang sakit maka ia terus menerus berada di khurfatil jannah." Ditanyakan kepada beliau, "Wahai Rasulullah, apakah khurfatil jannah itu?". Beliau menjawab, "Buah-buahan yang dipetik dari surga."
  • "Tidaklah seorang muslim yang menjenguk muslim lainnya di pagi hari kecuali ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga sore hari. Dan jika menjenguknya di sore hari, ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga pagi, dan baginya satu kebun di surga." (HR Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih al-Tirmidzi)
  • "Siapa yang menjenguk orang sakit, maka ada seorang yang berseru dari langit: kamu adalah orang baik, dan langkahmu juga baik dan engkau berhak menempati satu tempat di surga." (HR Ibnu Majah, al-Tirmidzi, dan Ahmad. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam al-Misykah no. 5015. Ibnu Hibbad juga menshahihkannya sebagaimana yang disebutkan Ibnul Hajar dalam Al-Fath)
  • "Hak seorang muslim terhadap muslim yang lain ada lima yaitu menjawab salam, menjenguk yang sakit, mengikuti (mengantar) jenazah, memenuhi undangan, dan mendoakan yang bersin (bila yang bersin mengucapkan hamdallah)." (HR Bukhari & Muslim) 
  • http://kliping2009.blogspot.com/2011/11/hukum-menjenguk-orang-sakit-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar