20.2.11

Maulid Nabi (Maulidan /Mauludan /Perayaan Hari Kelahiran Nabi)

Sami'na wa atho'na (Aku dengar dan aku ta'ati)

A: Maulidan adalah bid'ah?
B: Ah becanda entee... Apa maksudnya bid'ah?
A: Bid'ah adalah baca di sini!.
B: Ah yang bener..! ntar ane baca sekali lagi.
A: Amalan tersebut tidak disyari'atkan dalam Islam, tidak dicontohkan oleh Rasulullah saw dan juga oleh sahabat-sahabat Beliau...
B: Jadi Maulidan itu tidak disyari'atkan dalam Islam dan tidak dicontohkan oleh Nabi?
A: Iya betul..!
B: Terus, mane dalil-dalilnya tentang larangan merayakan Maulud Nabi?
A: Ini nih baca di sini! baca lagi...
B: O iya yah... Rasul melarang kita mengada-ada sesuatu dalam urusan agama, hal ibadah atau syari'at. Berarti saya harus patuh dan ta'at dengan apa yang disampaikan oleh Baginda Rasul ya..?!
A: Iya.. habis siapa lagi yang harus kita ikuti dan kita patuhi selain Allah swt, Rasul-Nya dan "ulil amr"...
B: Tapi kate kyai ane perayaan maulidan itu kagak ape-ape!
A: Ya terserah kamu mau patuh dan ta'at pada kyai atau pada Rasulullah saw..!
B: ...hmm?!
A: Perayaan-perayaan yang syar'i telah diketahui oleh semua pemeluk Islam, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Jadi kalau segala sesuatu harus dirayakan misalnya tahun baruan, hari kelahiran seseorang, bahkan kita ikut-ikutan merayakan valentine, apa bedanya kita (Islam) dengan non Islam? Contoh lain -berhenti sejenak- di agama sebelah ada perayaan kelahiran tuhannya yang disebut natal, kita ikut-ikutan merayakan hal yang sama, maulid nabi. Terus ada perayaan Tahun Baru Masehi, kita ikut-ikutan mengadakan perayaan Tahun Baru Hijriah. Di agama sebelah ada perayaan kenaikan yesus kristus, kita ikut-ikutan merayakan hal yang serupa, isra' mi'raj. Di agama sebelah ada perayaan wafatnya yesus kristus tapi untuk yang satu ini orang Islam di Indonesia tidak ada yang merayakan hal serupa. Kenapa yaa?.. atau mungkin untuk hal perayaan kematian seseorang sudah terlalu banyak dan sering kali ya..  :-) 
B: Wah bener juge ye... mesti banyak belajar nih ane!
A: Sama saya juga mesti banyak belajar, soalnya di dalam Islam kita diwajibkan menuntut ilmu dari sejak lahir sampai kita meninggal nanti..!
B: Bener... bener... bener... 

  • Seseorang di antara kalian tidak (dikatakan) beriman sehingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri. (HR Bukhari & Muslim)
  • "Kalian akan benar-benar mengikuti sunnah-sunnah (jalan hidup) orang-orang sebelum kalian, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta sehingga andai mereka memasuki lubang biawak, maka kalian pun mengikuti mereka". Kami (para sahabat) bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah mereka adalah orang-orang Yahudi dan Nashrani". Beliau menjawab, "Siapa lagi kalau bukan mereka". (HR Bukhari)
  • Q103:1-3. Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
  • Q51:55. Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang beriman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar